VELOCITY VII HMTI-UB periode 2017/2018

8:59 AM

Developing Creativity In Industry (Velocity) adalah bagian dari kegiatan kaderisasi yang berada di bawah naungan Departemen Sumber Daya Mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud pelatihan calon pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie periode 2018/2019. Adapun kegiatan yang ingin kami laksanakan adalah Bakti Sosial yang akan dilaksanakan di salah satu Rumah Singgah.

Bentuk dari kegiatan ini adalah Bakti Sosial yang akan diselenggarakan di Rumah Singgah Yayasan Griya Asih pada Sabtu, 28 April 2018 yang bertemakan “The Castle of Knowledge from Industrial Engineer to The Next Generation”. Tujuan dari tema tersebut ialah untuk menginformasikan kepada para peserta bahwa ada beberapa ilmu yang ada di Teknik Industri yang dapat diterapkan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Acara ini nantinya akan diselingi dengan acara Sharing Session serta Game. Bakti Sosial ini ditujukan kepada anak-anak yang tinggal di Rumah Singgah Yayasan Griya Asih.

Berikut adalah rincian kegiatan Velocity VII

1.    Pendaftaran Peserta Bakti Sosial
     Kegiatan Bakti Sosial ini diawali dengan melakukan pendaftaran bagi mahasiswa/i aktif Teknik Industri Universitas Bakrie yang ingin berpartisipasi dalam acara bakti sosial. Pendaftaran dilaksanakan pada Senin, 09 April 2018 s.d. Selasa, 24 April 2018 melalui Google Docs. Tujuan dilakukannya pendaftaran untuk mengetahui jumlah mahasiswa/i aktif Teknik Industri Universitas Bakrie yang berpartisipasi sehingga panitia dapat memperkirakan total kendaraan berupa Grabcar atau Go-car yang digunakan sebagai transportasi menuju rumah singgah.

2.    Registrasi
Sesampainya di Rumah Singgah Yayasan Griya Asih, mahasiswa/i aktif Teknik Industri Universitas Bakrie yang berpartisipasi dalam acara bakti sosial ini akan melakukan registrasi sebelum memasuki ruang acara bakti sosial. Form daftar hadir terdiri dari nama lengkap, NIM, serta tanda tangan. Tujuan dari registrasi yaitu untuk mendata mahasiswa/i aktif Teknik Industri Universitas Bakrie yang hadir untuk mengikuti acara. Setelah registrasi, peserta dipersilakan untuk memasuki ruangan dan mengikuti rangkaian acara yang telah disusun panitia.

3.    Pembukaan
Setelah registrasi selesai dilaksanakan, acara akan dibuka oleh MC (Muhammad Fariq Alhasbi dan Mega Ayu Lestari). Tidak lupa MC untuk mengucapkan terima kasih bagi mahasiswa/i aktif Teknik Industri Universitas Bakrie yang telah hadir dalam acara bakti sosial.

4.    Sambutan
Sambutan akan disampaikan secara langsung oleh Ketua Panitia (Mutyara Deviyana), Ketua HMTI-UB (Muhammad Rizky), Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan (Ibu Sri Pratiwi, M.M.) atau perwakilan dari Biro Administrasi Kemahasiswaan, Kepala Program Studi Teknik Industri (Bapak Ir. Gunawarman Hartono, M.Eng.).

5.    Sharing Session
Sharing Session mengenai Added Value. Added Value adalah sebuah pengembangan pada suatu produk untuk meningkatkan daya jual produk dengan memberikan nilai tambah seperti baju putih polos, yang awalnya masih memiliki daya jual yang rendah. Ketika baju polos tersebut ditambahkan motif maka baju tersebut akan memiliki nilai tambah (added value) sehingga akan menghasikan harga jual yang lebih tinggi. Jika inovasi tersebut dapat dimaksimalkan dengan baik, maka sangat mungkin untuk mendapatkan penghasilan dari inovasi tersebut.
Pada sharing session ini, akan diberikan edukasi kepada anak rumah singgah untuk mengembangkan kreativitas dan bakat mereka. Serta pengajaran kepada mereka tentang cara menjual barang hasil kreasi mereka secara Online melalui Online Shop di Instagram atau dengan melelangnya di tempat-tempat tertentu, misalnya Bazar. Sharing Session ini akan berlangsung selama satu jam yang dibawakan langsung oleh perwakilan mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie angkatan 2015 (Ananda Dimas Haryanto) dan 2016 (Muhammad Rizky). Sharing Session ini juga diikuti dengan sesi tanya jawab yang akan diarahkan oleh MC. Manfaat sharing session adalah untuk memotivasi anak rumah singgah agar mampu mengembangkan kreativitas yang mereka punya dan mengajarkan mereka bagaimana cara menjual hasil kreativitas tersebut.

6.    Game
Game pada kegiatan ini dinamakan Growing Your Creativity. Maksud dari game ini adalah melakukan kegiatan innovation yang memiliki banyak keuntungan selain materi yaitu manfaat besar bagi setiap orang yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Kegiatan Game akan dijelaskan dan dipandu langsung oleh MC. Setiap game akan dibagi menjadi lima kelompok, dimana peserta dari game ini adalah gabungan dari mahasiswa aktif Teknik Industri Universitas Bakrie dan anak-anak rumah singgah. Setiap kelompok memiliki LO (Liaison Organizer), dimana LO (Liaison Organizer) tiap kelompok berasal dari mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie angkatan 2017.
Game pertama tentang Management Organization. Setelah pembagian kelompok selesai, masing-masing kelompok akan membuat kue bola-bola coklat sesuai dengan resep yang diberikan. Dimana peserta akan belajar tentang input, process, dan output. Input-nya adalah bahan dasar dari kue tersebut seperti, biskuit susu, susu kental manis, dan meses, sedangkan untuk process-nya sendiri adalah bagaimana mereka mengolah bahan dasar tadi menjadi sebuah adonan yang akan mereka bentuk menjadi bulat. Terakhir, output-nya adalah kue bola-bola coklat tadi.
Game kedua tentang Added Value, pada game ini setiap kelompok akan diberikan beberapa baju putih polos beserta alat-alat lainnya yang dibutuhkan dalam melakukan innovation pada baju putih polos tersebut. Jadi setiap kelompok harus membuat baju putih tersebut menjadi baju yang menarik dalam visual sesuai kreativitas masing-masing kelompok dan bisa digunakan sehari-hari. Dimana dalam tiap games nantinya akan ada dua orang juri yang akan memutuskan tiga kelompok pemenang pada game Growing Your Creativity. Juri pada game ini ialah narasumbernya langsung yaitu Ananda Dimas Haryanto dan Muhammad Rizky.

7.    Pengumuman Pemenang Game dan Peserta Teraktif
Sesudah game berakhir, akan diumumkan pemenang dalam game setiap tersebut dan akan diberikan kepada pemenang game serta peserta teraktif selama kegiatan berlangsung.
            Hadiah yang akan diberikan kepada para pemenang game ialah :

·         Juara 1 : 5 buah buku tulis, 5 buah tempat pensil, 5 buah pulpen dan 5 cup
Pop Mie.
·         Juara 2 : 5 buah buku tulis, 5 buah pulpen, 5 bungkus Oreo dan 5 bungkus
Nabati.
·         Juara 3 : 5 buah buku tulis, 5 buah pulpen dan 5 bungkus Oreo.
·         Peserta Teraktif : Satu buah binder.

8.    Penyerahan Plakat dan Donasi kepada Rumah Singgah
     Plakat dan Donasi yang berbentuk sembako, buku bekas, dan baju bekas akan diserahkan kepada pengurus Rumah Singgah secara langsung melalui Ketua Pelaksana. Sembako yang diberikan terdiri dari Beras, Mie Instan, Minyak Goreng, Tepung Terigu, Susu Kental Manis, Gula Pasir, Sirup, Sardines, Kecap Manis, Teh Celup, Teh Pucuk Harum, Pop Mie, Richeese Nabati, Chocolatos, Oreo, dan Better Biscuit.

9.    Kesan dan Pesan
     MC secara acak akan memilih 3 orang yang terdiri dari KMTI-UB dan anak-anak Rumah Singgah untuk memberikan kesan dan pesan selama acara berlangsung. Adapun tujuan dari kesan dan pesan adalah untuk mengetahui keberhasilan acara yang terlaksanakan.

10. Penutupan
Di akhir acara, MC akan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan atau perwakilan dari Biro Administrasi Kemahasiswaan, Kepala Program Studi Teknik Industri, pembicara pada Sharing Session, KMTI-UB, Pengurus Rumah Singgah dan anak-anak Rumah Singgah dan semua yang telah hadir pada acara ini. Setelah MC mengucapkan terimakasih, acara akan ditutup dengan ishoma dan foto bersama.



Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie is a platform to facilitate the academic and non academic capability of students in Industrial Engineering Universitas Bakrie.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments