Tips & Trik Jitu Sebelum Menghadapi UTS

5:09 AM
Hallo  teman-teman setia blog HMTI, hari ini kita akan berbagi tips menggenai ujian. Mengingat UTS kita sebentar lagi, waah tinggal menghitung hari aja nih, jangan takut dan gugup ya apalagi mahasiswa baru ni yang baru pertama kali menghadapi ujian di kampus tercinta kita. Kita akan meng-share tentang Tips Menghadapi UTS :
ada 7 Point untuk menghadapi UTS. untuk teman-teman yang mengalami hal serupa seperti kita, silakan dibaca bersama-sama dan semoga nilai kita bagus-bagus teman.

1. Jangan begadang saat malam Ujian Tengah Semester(UTS) akan dilaksanakan. Patut untuk diketahui, pola begadang kita untuk menghadapi UTS ataupun macam ujian yang lain dengan meminum minuman khusus yang layak disebut kopi/coffe, apapun jenisnya itu, apapun namanya, apapun merk dagangnya, berapapun harganya, dimanapun membelinya menyebabkan membuat tubuh kita dipaksa bergerak, memaksa mata kita untuk terbuka, ini jelas tidak wajar dan terkesan dipaksakan sehingga tidak lumrah untuk dirasakan. Apalagi konon katanya kopi/coffe telah memberikan kita cafein. Yang artinya zat tersebut akan/telah membuat efek keinginan yang berulang untuk meneguknya pada kita.

2. Cobalah makan, minum makanan maupun minuman yang bergizi, jangan makan/minum yang sembarangan. Pastikan kebersihan makanan/minuman tersebut (yang kita konsumsi) ialah makanan yang higienis dan tentunya halal. Ini akan berpengaruh pada daya tahan tubuh, konsentrasi dan yang pasti berpengaruh ke supplay energi yang cukup bagi anggota tubuh ini. Bayangkan saja kita/seseorang pingsan saat mengerjakan atau bahkan baru beberapa menit masuk ke ruangan Ujian Tengah Semester hanya karena perut kosong. Ini sangat tidak diharapkan tentunya. Yang diharapkan ialah, kita mampu mengunjungi tempat UTS dengan keadaan yang prima, segar, muka berseri-seri sambil menebarkan senyuman setulus mungkin pada teman yang ada di sekitar kita.

 3. Cobalah persiapkan costum/pakaian dengan baik, lengkap, serapi mungkin, hingga tampak pada diri kita dengan apa yang orang katakan 'good looking'. Entah bagaimana keseharian penampilan seragam teman-teman saat hari-hari biasa(hari di mana masih ada interaksi dosen/guru dan siswanya dalam hal materi yang akan dipelajari). Pokoknya usahan serapi mungkin. Dengan pakaian yang rapi, sopan, menutup aurat, kita akan nyaman saat menuju sekolah/kampus, jalan di lingkungannya, melihat ruangan ujian, memasukinya, bertemu teman yang lain, yang pasti kita akan memperoleh timbal balik yang sifatnya positif dikarenakan pakaian yang kita kenakan, baik secara langsung maupun tidak, baik secara sadar maupnu tak disadar.

4. Pastikan perlengkapan tulis kita lengkap, biasanya di kampus kita ujiannya berbentuk Essay, usahakan bawa pulpen/pena/ballpoint sendiri, ditambah tipe-ex juga boleh,. Untuk ujian tertentu yang dibolehkan memakai kalkulator, ya, bawa kalkulator. Kalau saja ada alat-alat kita yang kurang lengkap, padahal alat tersebut sangatlah urgen, mendasar, pokok, penting, kunci mati, tak bisa ditawar, tak bisa disubstitusi, dan bersifat harus dipenuhi, kita lalu meminjam teman, nah, yang mengetahui tujuan kita sebenarnya hati kita, kita bisa disangka melakukan komunikasi baik secara searah maupun dua arah dengan kawan kita sesama peserta Ujian Tengah Semester atau Ujian jenis lainnya. Untung kalau kita diingatkan saja, misal 'ayo jangan pinjam, lain kali bawa sendiri', opsi dua adalah, kita dicatat tanpa ada suatu suara pun, nama kita dicoret dari jajaran peserta yang ada di bawah pengawasan sang pengawas, lembar jawaban kita disobek. Jangan sampailah kita seperti ini.

5. Perhatikan, baca, dengan sangat teliti dan waspada petunjuk-petunjuk yang tercetak/dicetak pada lembar soal Uian Tengah Semester atau Ujian-ujian yang lain. Jangan sampai kita mengerjakan soal secara berlebihan karena ternyata di lembar soal tercetak petunjuk 'kerjakan 5 dari 8 soal di bawah ini', inilah yang harus kita baca, perhatikan, laksanakan, karena petunjuk-petunjuk tersebut merupakan suatu amanah yang mesti dijalankan bagi para peserta yang mengerjakannya.

6. Cobalah menulis dengan tatanan yang benar, baku, bentuknya jelas, sehingga mampu menggambar apa yang ingin kita jawab, utarakan, yakni apa yang ada di pikiran, ingatan kita masing-masing. Dan jangan menambah gambar/garis/tulisan yang tidak perlu di lembar jawaban kita.

 7. Jangan sombong untuk berdo'a kepada Tuhan. yang telah menganugerahkan pada kita semua akal pikiran, hati/perasaan, intelegensi, yang membuat kita bisa berpikir logis, memecahkan persoalan matematis, sosial, keuangan, maupun ilmu-ilmu yang lainnya. Do'a bisa dilafalkan saat akan mengerjakan UTS atau jenis ujian lain. Dan yang penting kita juga harus berusahamengingat Tuhan. walau dengan hati kita. Point ketujuh ini merupakan kunci utama bagi kesiapan-kesiapan (UTS/Ujian apapun itu) yang lain.


Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie is a platform to facilitate the academic and non academic capability of students in Industrial Engineering Universitas Bakrie.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 comment

Setuju kakak :D tapi poin 1 nya aga sulit buat aku kak :")

Balas