KEILMUAN TEKNIK INDUSTRI: SISTEM MANUFAKTUR

10:08 PM

 

SISTEM MANUFAKTUR

Pengertian Sistem Manufaktur

Sistem Manufaktur memanfaatkan Teknik Industri untuk peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integritas manusia. Dengan kata lain, Sistem Manufaktur menggunakan pendekatan Teknik Industri untuk meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral dalam sebuah produksi industri. Secara umum, Sitem Manufaktur adalah proses produksi barang secara sistematis dengan menggunakaan mesin-mesin tertentu untuk memproduksi barang secara masal dan efisien. Sistem ini melibatkan berbagai tahapan produksi seperti perencanaan, pengadaan bahan baku, perakitan, pengujian dan pengiriman produk.

Dengan menggunakan sistem manufaktur, dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas produksi dengan mengotomatisasi beberapa tugas, mempercepat proses pengambilan keputusan dan memantau performa produksi secara real-time. Selain itu, sistem ini juga dapat membantu meminimalkan kesalahan manusia dan meningkatkan akurasi produksi.

Fungsi Sistem Manufaktur

Fungsi utama sistem informasi manufaktur adalah sebagai pendukung proses produksi dari mulai perencanaan hingga pengendalian produksi barang maupun jasa.

Pentingnya Sistem Manufaktur

  • Meningkatkan Efisensi Produksi
    Sistem manufaktur dapat membantu meningkatkan efisensi produksi dengan mengoptimalkan proses produksi, mengurangi waktu tunggu dan persediaan, serta meningkatkan produktivitas.
  • Meningkatkan Kualitas Produk
    Sistem manufaktur yang baik dapat membantu memastikan konsistensi dan kualitas produk, sehingga membantu meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Mengurangi Biaya Produksi 
    Dengan menggunakan sistem manufaktur yang tepat, maka dapat mengurangi biaya produksi melalui pengurangan limbah, pengoptimalan penggunaan bahan baku dan peningkatan efisiensi.

Jenis – Jenis Sistem Manufaktur

  • Custom manufacturing
  • Intermittent manufacturing
  • Continuous manufacturing
  • Flexible Manufacturing

Kesimpulan dari sistem manufaktur dalam teknik industri adalah bahwa sistem manufaktur adalah inti dari kegiatan produksi dalam industri. Dalam sistem manufaktur, berbagai proses, teknologi, dan metode digunakan untuk mengubah bahan mentah menjadi produk akhir yang siap dijual. Sistem manufaktur dapat mencakup berbagai aspek, seperti perencanaan produksi, pengadaan bahan baku, pengolahan, pengujian kualitas, dan distribusi produk. sistem manufaktur dalam teknik industri berperan penting dalam mencapai efisiensi, kualitas, fleksibilitas, dan kolaborasi yang diperlukan dalam kegiatan produksi. Dengan menggunakan teknologi dan metode yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan mencapai keunggulan kompetitif di pasar.

 


Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie is a platform to facilitate the academic and non academic capability of students in Industrial Engineering Universitas Bakrie.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments