Kegiatan VELOCITY VI HMTI-UB periode 2016/2017

4:39 AM
Kegiatan Velocity VI tahun ini dikemas dengan acara yang berbeda dengan tema FITS ( From Industri to Society ). Velocity VI hanya berlangsung pada hari Sabtu, 06 Mei 2017, di Panti Asuhan Sosial Kampung Melayu ( Jl. Kampung Melayu Kecil II No. 21, RT. 3/RW. 10, Bukit Duri, Tebet, Kota Jakarta Selatan,  DKI Jakarta 12840 ). Pagi hari pukul 09.52 WIB peserta Mahasiswa/i Teknik Industri Universitas Bakrie berkumpul di Lobi Depan kampus secara bersamaan berangkat menuju Panti Sosial Asuhan Kampung Melayu tempat acara bakti sosial dilaksanakan. Mobil pertama sekali berangkat pukul 10.42 dan sampai di tempat tujuan pukul 11.07. Acara Velocity VI  sebenarnya dimulai tepat pada pukul 10.30 WIB namun karena satu dan lain hal yang mengakibatkan acara baru dapat dimulai pukul 11.07 WIB. Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh MC dan pemberian kata sambutan oleh ketua panitia, dilanjutakan pemberian kata sambutan oleh ketua HMTI-UB 2016/2017 dan perwakilan dari Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Bapak Rustam.

Tepat pada pukul 11.46 WIB dilanjutkan ke acara selanjutnya yaitu acara Sharing Sassion mengenai Management Recycle yang dibagi kedalam tiga sesi dan dibawakan langsung oleh Mahasiswa/i Teknik Industri Universitas Bakrie angkatan 2014 dan 2015. Sesi pertama dibawakan oleh Ira Novianti Teknik Industri 2014 dan Dina Audina Teknik Industri 2015 dengan sub tema Mengenal lebih dalam tentang sampah, hal ini membawa antusias anak-anak panti yang secara bersamaan mendengarkan penyampaian materi yang dibawakan. Beberapa anak juga menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pembawa materi dengan baik. Sesi kedua dibawakan oleh Dynda Pramedia Teknik Industri 2014 dan Rachel P. Kadang Teknik Industri 2015 dengan tema Added value, dimana hal ini membuat antusias anak-anak panti semakin baik karena pembawa materi yang membawakan materi dengan menarik sehingga bayak peserta yang terhibur dan merasa bahwa acara Sharing Session ini sangat bagus karena dapat menambah pengetahuan setiap orang tentang pengolahan sampah sehingga mendapatkan added value yang menguntungkan setiap orang. Sesi ketiga dalam Sharing Sessionini dibawakan oleh Ulvie Maharani Teknik Industri 2014 dan Adelia Fistari Teknik Industri 2015 dengan sub tema Recognize plastic, doing fun and feeling benefit from recycle plastic. Materi ini mencakup seluruh materi yang telah disampaikan pada sesi pertama dan kedua tadi, sehingga pemahaman peserta bakti sosial yang hadir menjadi lebih maksimal mengenai sampah dan pemanfaatannya. Acara Sharing Session ini berakhir pada pukul 12.39 WIB dan dilanjutakan dengan acara berikutnya yaitu Ishoma (Istirahat, shalat dan makan).

                Setetelah semua peserta selesai shalat berjamaah yang dipimpin oleh Bapak rustam sebagai imam, kemudian dilanjutakan dengan acara makan siang bersama tepat pukul 13.02 WIB. Setelah selesai makan siang bersama pukul 13.22 WIB  masuk ke acara berikutnya yaitu Game.
           
Acara Game ini dinamakan Miracle In Recycle, dimana dengan kita melakukan kegitan recycle akan ada banyak keuntungan yang kita peroleh tentunya selain materi, yaitu manfaat besar bagi setiap orang yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Kegiatan Game akan dijelaskan dan dipandu langsung oleh MC. Dalam game akan dibagi menjadi lima kelompok, dimana peserta dari game ini adalah mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie selain panitia acara velocity VI dan anak-anak panti asuhan. Setiap kelompok memiliki LO (Liasion Organizer), dimana LO (Liasion Organizer) tiap kelompok berasal dari mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie tersebut. Setelah  kelompok pembagian peserta selesai akan diberikan beberapa botol bekas yang tidak terpakai lagi beserta alat-alat lainnya seperti gunting, cat air, kuas, kertas origami, cutter, koran bekas dan kardus yang dibutuhkan dalam melakukan recycle botol bekas yang ada. Jadi setiap kelompok harus membuat botol bekas tersebut menjadi barang yang bermanfaat dan bisa digunakan kembali untuk hal lain sesuai kreativitas masing-masing kelompok. Dimana dalam game ada tiga orang juri yaitu Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie angkatan 2014 Ulvie Maharani, Dynda Pramedia dan angkatan 2015 yaitu Dina Audina yang akan memutuskan pemenang pada game Miracle In Recycle. Waktu yang diberikan dalam menyelesaikan game ini ialah 30 menit namun panitia memberikan tambahan waktu 20 menit karena melihat masih ada kelompok yang belum selesai namun masih sangat antusias sekali untuk menyelesaikannya. Akhirnya tepat pukul 14.12 WIB game selesai dilaksanakan dan mendapatkan satu team terbaik yang memenangkan game ini yaitu kelompok dua. Sebagai perwakilan kelompok yang menang Rohmani dipersilahkan untuk menerima hadiah dari panitia, namun peserta yang lain juga mendapat hadiah sebagai apresiasi dari hasil kerja keras mereka dalam menyelesaikan gameMiracle In Recycle ini. Tidak lupa pula pemberian hadiah kepada peserta teraktif selama acara berlangsung yang diberikan kepada Jajang Nurjaman salah satu anak panti berusia 14 tahun dan sedang duduk di bangku SMP (Sekolah Menengah Pertama). Pengumuman pemenang dan peserta teraktif berakhir pukul 14.55 WIB dan dilanjutakan ke acara selanjutnya yaitu pemberian plakat dan sembako kepada pengurus panti yang diberikan langsung oleh ketua panitia Christian Candle Runtuwene kepada perwakilan pengurus panti yaitu Ibu Alwi. Adapun sembako yang diberikan berupa 2 kardus mei instan, 2 kg telur, minyak goreng 5 liter, susu kental 4 kaleng, sirup 2 botol, sarden 2 kaleng, sereal 2 kardus, chocho crunch 1,5 kg dan kecap 620 ml sebanyak 2 buah, serta donasi jangka panjang berupa 5 buah Al-Qur’an kepada panti asuhan.

Setelah acara pemberian plakat serta sembako berakhir dilanjutakan ke acara berikutnya yaitu penyampaian pesan dan motivasi kepada anak-anak panti asuhan agar tetap semangat dalam menggapai impian serta rasa syukur atas apa yang telah dimiliki yang disampaikan langsung oleh mahasiswa Teknik Industri 2014 Dynda Pramedia pukul 15.15 WIB . Tepat pukul 15.17 WIB berakhirla acara Velocity VI yang berbentuk bakti sosial di panti sosial asuhan kampung melayu dimana MC menutup acara dengan menyampaikan rasa terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada Mahasiswa/i Teknik Industri Universitas Bakrie untuk melaksanakan acara ini dan berbagi kepada anak-anak panti yang ada serta memohon maaf apabila masih banyak kekurangan dan kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja dilakukan. Setelah acara berakhir para peserta selain anak-anak panti kembali pulang denga mobil online yang telah disediakan panitia namun ada sebagian yang membawa kendaraan pribadi dan panitia kembali merapikan ruangan yang digunakan sebagai bentuk rasa tanggung jawab bersama dengan anak-anak panti yang ikut membantu.


Penulis                        : Fefty Anggrani
                                      Mahasiswa Teknik Industri 2016
Editor                           : HMTI-UB
Redaksional               : HMTI-UB








Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie is a platform to facilitate the academic and non academic capability of students in Industrial Engineering Universitas Bakrie.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments