Developing Creativity In Industry (Velocity) adalah bagian dari kegiatan kaderisasi yang
berada di bawah naungan Departemen Sumber Daya Mahasiswa. Kegiatan ini
dilaksanakan sebagai wujud pelatihan calon pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik
Industri Universitas Bakrie periode 2018/2019. Adapun kegiatan yang
ingin kami laksanakan adalah Bakti Sosial yang akan dilaksanakan di salah satu
Rumah Singgah.
Bentuk dari kegiatan ini adalah Bakti Sosial yang akan
diselenggarakan di Rumah Singgah Yayasan Griya Asih pada Sabtu, 28 April 2018 yang bertemakan “The Castle of Knowledge from Industrial
Engineer to The Next Generation”. Tujuan dari tema tersebut ialah untuk
menginformasikan kepada para peserta bahwa ada beberapa ilmu yang ada di Teknik
Industri yang dapat diterapkan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
Acara ini nantinya akan diselingi dengan acara Sharing Session serta Game. Bakti
Sosial ini ditujukan kepada anak-anak yang tinggal di Rumah
Singgah Yayasan Griya Asih.
Berikut adalah rincian kegiatan Velocity VII
1.
Pendaftaran Peserta Bakti Sosial
Kegiatan
Bakti Sosial ini diawali dengan melakukan pendaftaran bagi mahasiswa/i aktif Teknik
Industri Universitas Bakrie yang ingin berpartisipasi dalam acara bakti
sosial. Pendaftaran dilaksanakan pada Senin, 09 April 2018 s.d. Selasa, 24
April 2018 melalui Google Docs.
Tujuan dilakukannya pendaftaran untuk mengetahui jumlah mahasiswa/i aktif Teknik
Industri Universitas Bakrie yang berpartisipasi sehingga panitia dapat
memperkirakan total kendaraan berupa Grabcar
atau Go-car yang digunakan
sebagai transportasi menuju rumah singgah.
2.
Registrasi
Sesampainya
di Rumah Singgah Yayasan Griya Asih, mahasiswa/i aktif Teknik Industri
Universitas Bakrie yang berpartisipasi dalam acara bakti sosial ini akan
melakukan registrasi sebelum memasuki ruang acara bakti sosial. Form daftar hadir terdiri dari nama lengkap,
NIM, serta tanda tangan. Tujuan dari registrasi yaitu untuk mendata mahasiswa/i
aktif Teknik Industri Universitas Bakrie yang hadir untuk mengikuti acara.
Setelah registrasi, peserta dipersilakan untuk memasuki ruangan dan mengikuti
rangkaian acara yang telah disusun panitia.
3.
Pembukaan
Setelah
registrasi selesai dilaksanakan, acara akan dibuka oleh MC (Muhammad Fariq Alhasbi dan Mega Ayu Lestari). Tidak lupa MC untuk mengucapkan terima kasih bagi
mahasiswa/i aktif Teknik Industri Universitas Bakrie yang telah hadir dalam
acara bakti sosial.
4. Sambutan
Sambutan
akan disampaikan secara langsung oleh Ketua Panitia (Mutyara Deviyana), Ketua
HMTI-UB (Muhammad Rizky), Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan (Ibu Sri
Pratiwi, M.M.) atau perwakilan dari Biro Administrasi Kemahasiswaan, Kepala
Program Studi Teknik Industri (Bapak Ir. Gunawarman Hartono, M.Eng.).
5.
Sharing
Session
Sharing Session mengenai Added Value. Added Value adalah sebuah pengembangan pada suatu
produk untuk meningkatkan daya jual produk dengan memberikan nilai tambah
seperti baju putih polos, yang awalnya masih memiliki daya jual yang rendah.
Ketika baju polos tersebut ditambahkan motif maka baju tersebut akan memiliki
nilai tambah (added value) sehingga
akan menghasikan harga jual yang lebih tinggi. Jika inovasi tersebut dapat
dimaksimalkan dengan baik, maka sangat mungkin untuk mendapatkan penghasilan
dari inovasi tersebut.
Pada sharing session ini, akan diberikan
edukasi kepada anak rumah singgah untuk mengembangkan kreativitas dan bakat mereka.
Serta pengajaran kepada mereka tentang cara menjual barang hasil kreasi mereka
secara Online melalui Online Shop di Instagram atau dengan melelangnya di tempat-tempat tertentu,
misalnya Bazar. Sharing Session ini
akan berlangsung selama satu jam yang dibawakan langsung oleh perwakilan
mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie angkatan 2015 (Ananda Dimas
Haryanto) dan 2016 (Muhammad Rizky). Sharing
Session ini juga diikuti dengan sesi tanya jawab yang akan diarahkan oleh MC. Manfaat sharing session adalah untuk memotivasi anak rumah singgah agar
mampu mengembangkan kreativitas yang mereka punya dan mengajarkan mereka
bagaimana cara menjual hasil kreativitas tersebut.
6. Game
Game pada kegiatan
ini dinamakan Growing Your Creativity.
Maksud dari game ini adalah melakukan
kegiatan innovation yang memiliki
banyak keuntungan selain materi yaitu manfaat besar bagi setiap orang yang
tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Kegiatan Game akan dijelaskan dan dipandu langsung oleh MC. Setiap game akan dibagi menjadi lima kelompok, dimana peserta dari game ini adalah gabungan dari mahasiswa
aktif Teknik Industri Universitas Bakrie dan anak-anak rumah singgah. Setiap
kelompok memiliki LO (Liaison Organizer),
dimana LO (Liaison Organizer) tiap
kelompok berasal dari mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie angkatan
2017.
Game pertama tentang Management Organization. Setelah
pembagian kelompok selesai, masing-masing kelompok akan membuat kue bola-bola
coklat sesuai dengan resep yang diberikan. Dimana peserta akan belajar tentang input, process, dan output. Input-nya adalah bahan dasar dari kue
tersebut seperti, biskuit susu, susu kental manis, dan meses, sedangkan untuk process-nya sendiri adalah bagaimana
mereka mengolah bahan dasar tadi menjadi sebuah adonan yang akan mereka bentuk
menjadi bulat. Terakhir, output-nya
adalah kue bola-bola coklat tadi.
Game kedua tentang Added Value, pada game ini setiap kelompok akan diberikan beberapa baju putih polos
beserta alat-alat lainnya yang dibutuhkan dalam melakukan innovation pada baju putih polos tersebut. Jadi setiap kelompok
harus membuat baju putih tersebut menjadi baju yang menarik dalam visual sesuai
kreativitas masing-masing kelompok dan bisa digunakan sehari-hari. Dimana dalam
tiap games nantinya akan ada dua orang
juri yang akan memutuskan tiga kelompok pemenang pada game Growing Your Creativity. Juri pada game ini ialah narasumbernya langsung yaitu Ananda Dimas Haryanto
dan Muhammad Rizky.
7. Pengumuman Pemenang Game
dan Peserta Teraktif
Sesudah game berakhir,
akan diumumkan pemenang dalam game
setiap tersebut dan akan diberikan
kepada pemenang game serta peserta
teraktif selama kegiatan berlangsung.
Hadiah yang akan diberikan kepada
para pemenang game ialah :
·
Juara
1 : 5 buah buku tulis, 5 buah tempat pensil, 5 buah pulpen dan 5 cup
Pop Mie.
·
Juara
2 : 5 buah buku tulis, 5 buah pulpen, 5 bungkus Oreo dan 5 bungkus
Nabati.
·
Juara
3 : 5 buah buku tulis, 5 buah pulpen dan 5 bungkus Oreo.
·
Peserta
Teraktif : Satu buah binder.
8. Penyerahan Plakat dan Donasi kepada Rumah Singgah
Plakat dan
Donasi yang berbentuk sembako, buku bekas, dan baju bekas akan diserahkan
kepada pengurus Rumah Singgah secara langsung melalui Ketua Pelaksana. Sembako
yang diberikan terdiri dari Beras, Mie Instan, Minyak Goreng, Tepung Terigu,
Susu Kental Manis, Gula Pasir, Sirup, Sardines,
Kecap Manis, Teh Celup, Teh Pucuk Harum, Pop
Mie, Richeese Nabati, Chocolatos, Oreo, dan Better Biscuit.
9.
Kesan dan Pesan
MC secara
acak akan memilih 3 orang yang terdiri dari KMTI-UB dan anak-anak Rumah Singgah
untuk memberikan kesan dan pesan selama acara berlangsung. Adapun tujuan dari
kesan dan pesan adalah untuk mengetahui keberhasilan acara yang terlaksanakan.
10.
Penutupan
Di
akhir acara, MC akan mengucapkan
terima kasih kepada Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan atau perwakilan dari
Biro Administrasi Kemahasiswaan, Kepala Program Studi Teknik Industri,
pembicara pada Sharing Session,
KMTI-UB, Pengurus Rumah Singgah dan anak-anak Rumah Singgah dan semua yang
telah hadir pada acara ini. Setelah MC mengucapkan
terimakasih, acara akan ditutup dengan ishoma dan foto bersama.